Babydistro’s Blog

Anak Pintar – Anak Cerdas

Posted on: Mei 24, 2009

Nun jauh sebelum kelahiran anak pertama, saya banyak-banyak berdoa supaya mendapatkan anak yang cerdas. Sedikit terinpirasi dengan film kartun Shin-chan yang biasa ditayangkan di televisi. Sepertinya lucu juga jika punya anak seperti itu… biar rada gokil tapi cerdas gehehehe.

Persepsi saya tentang anak cerdas berbeda dengan anak yang pintar. Anak cerdas adalah anak yang mampu menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri. Dia akan melihat situasi yang ada dan menggunakan apapun sebagai bagian dari solusi. Sedangkan anak yang pintar terkadang mendapat insiprasi “hanya” dari pengalaman yang pernah dia alami. Sehingga bila situasi berbeda, besar kemungkinan dia akan merasa sedikit kikuk.

Cukup lama saya mengamati dua hal ini. Biar kata amatiran, tapi ternyata mencari tahu tentang dua hal ini cukup menarik. Saya jadi sering membandingkan antara satu personal dengan personal lainnya. Akhirnya semakin kuatlah pendapat saya bahwa anak pintar dan anak cerdas memang berbeda !! Dan semakin yakinlah bahwa yang saya acungkan jempol bukan anak yang pintar saja, tapi cerdas!!

Suatu hari, mertua saya membagikan barang kepada dua cucunya, anak sepupu dan anak saya, dengan maksud untuk sama-sama berhitung. Dengan sigap anak saya memberikan beberapa barang itu ke saudaranya, dan menyisakan hanya satu untuk dirinya sendiri. Walhasil ketika disuruh berhitung dialah yang cukup cepat, karena barangnya cuman satu. Padahal dia cukup faseh menghapal bilangan sampai dua digit.

“Anak cerdas!! tapi males … gehehehe”

Di lain hari, dia mempergunakan keahliannya untuk mendapatkan keinginan. Sadar betul dibutuhkan oleh temannya yang sempat “pelit” untuk meminjamkan mainan, dia pergunakan tricky “pulang untuk kembali” agar mainan itu dapat dipinjamkan. Gehehehe…

Berdasarkan pengalaman dan beberapa masukkan membentuk anak cerdas itu tergantung sejauh mana kita sering memperkenalkan si anak pada berbagai situasi, sering berkomunikasi, dan memberikan makanan yang baik.

Jadi yah…
Kurang sepakat deh kalau terlalu memaksakan anak supaya belajar dan belajar di depan buku. Kasihan waktu terbuang begitu saja…
Padahal… justru kitalah yang harus lebih cerdas mengajarkan sesuatu yang baru dengan cara yang juga cerdas… tidak perlu musti di depan buku toh…
Misalnya… bisa kan berhitung sambil belanja gorengan …
atau belajar abjad sambil main pasir …

by imr

1 Response to "Anak Pintar – Anak Cerdas"

saya br mmpunyai anak 1, umurnya 10bulan.
hari demi hari muncul satu per satu kepintaran .
saya ingin lebih berpartisipasi setiap hari dalm pertumbuhan dia.
saya setuju klo tidak terlalu memaksakan anak untuk belajar dgn serius dlm arti kta hrs sll dgn buku.
bs jg ddn bermain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

babydistro.wordpress.com >> Juga Toko Online

Si kecil, anak kesayangan anda tentu makin besar makin pandai bergaya. Tentu saja anda sebagai orang tua selalu menjadi trend setter pertama baginya. Lalu mengapa tidak difasilitasi ? Babydistro.wordpress.com, menawarkan pilihan bagi kebutuhan ekspresi anak anda dengan bahan kualitas distro. Anda berbelanja sekaligus mengajarkan si kecil ber-infaq, karena dari setiap baju yang dibeli, akan kami sisihkan 2.5% dari harga jual.

Status kaos >> Rp. 50.000,- >> Libur dulu

Produk handsoap & Discwash (NEW!!)

Harga bersaing, kualitas ok, min. order 10 Liter (u/ agen)

Modal 50Rebu Dapat uang saku tiap bulan

INVESTASI MODAL 50 RIBU DAPAT 111 Jt/4Bln~ KLIK DI SINI

Blog Stats

  • 16,639 hits
%d blogger menyukai ini: