Babydistro’s Blog

Apa yang terjadi pada istriku saat hamil 8 bulan ?

Posted on: November 27, 2009

Hari ini hari raya idul adha. Jam empat pagi kami sudah bangun dan mulai bersiap-siap untuk melaksanakan shalat ied. Namun kemudian istriku mulai mengeluh mules, dia juga merasakan ada sesuatu yang keluar dari bagian penting dirinya. Sebelumnya dia berpikir itu keputihan, tapi setelah melihat apa yang terjadi, ternyata pendarahan.

Maka kami sekeluarga terserang kepanikan beberapa saat, tetapi langsung tersadar untuk menelepon Rumah Sakit Ibu dan Anak dan segera berangkat ke sana.

Di RSIA, istriku segera menjalani pemeriksaan USG, dan kami bertanya tentang berbagai kemungkinan. Apa karena malam sebelumnya bermotor ria? atau mungkin karena makan rujak atau apa?…

Di tengah duga-duga itu, dokter menyarankan agar istri sementara dirawat di tempat itu sampai sore hari. Dia disuntik untuk pematangan paru janin… waduh? kok tindakan pendarahan seperti itu? tapi dokter tak banyak berkata karena dia harus segera memeriksa pasien lainnya.

Aku pun tak mau menerima begitu saja, segera aku search di bah Google dan menemukan satu tulisan yang cukup menarik tentang hal ini… :

Rupanya begini menurut tulisan di blog tersebut :

“Salah satu perdarahan anterpartum yang paling banyak dialami para ibu hamil adalah plasenta previa. Artinya, plasenta yang letaknya dekat mulut rahim sehingga menutupi jalan lahir sang janin. Plasenta previa ini menurut dokter lulusan FKUI ini dibagi lagi menjadi beberapa kategori, mulai dari plasenta previa ringan sampai yang berat.

Pertama, plasenta previa totalis, dimana plasenta menutupi seluruh jalan lahir, posisi ini sudah dapat dipastikan bahwa bayi harus lahir melalui cesar.

Kedua, plasenta lateralis, yakni hanya sebagian/ separuh plasenta yang menutupi jalan lahir. Posisi ini pun risiko perdarahannya masih besar dan biasanya tetap harus melakukan persalinan cesar.

Ketiga, plasenta previa marginalis, dimana hanya bagian tepi plasenta saja yang menutupi jalan lahir. Walaupun risiko perdarahan tetap besar, namun ada kemungkinan bisa melahirkan normal. Dan yang terakhir, plasenta letak rendah, dimana posisi plasenta 3-4 cm dari tepi jalan lahir. Meski bisa dibilang kecil dan bisa melahirkan normal, risiko perdarahan tetap ada.

”Plasenta previa mempunyai ciri khas tertentu. Misalnya, plasenta previa totalis. Biasanya, perdarahan posisi ini langsung banyak. Belum lagi, pada previa plasenta totalis, si ibu akan mempunyai episode perdarahan. Seiring membesarnya rahim, plasenta itu seolah-olah ikut tertarik dengan rahim,” urai dr. Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan yang berpraktek di RSIA Tambak, Jakarta Pusat ini. Nah, ketika plasenta bergeser, akan menimbulkan perdarahan sedikit, dan jika bergeser lagi, akan timbul perdarahan berikutnya. Sampai ketika bulannya, rahim berkontraksi dan akan menyebabkan pergeseran letak plasenta itu sendiri, sehingga sebagian palsenta akan lepas. Di sinilah akan terjadi perdarahan yang besar.

Pada plasenta previa, ketika darah keluar, ibu hamil tidak merasakan mulas atau nyeri pada bagain perut. Bahkan, perdarahan itu bisa terjadi tatkala dia bangun dari tidurnya. Namun, umumnya, ketika terjadi perdarahan, disertai dengan pecahnya ketuban terlebih dulu.

Ingat, jangan tunggu apakah darah yang keluar itu menjadi banyak. Kalau memang, perdarahannya masih sedikit, maka ada kemungkinan bayinya masih hidup. Apabila bayinya masih kurang bulan, menurut dr Oni, masih bisa dipertahankan dengan menggunakan obat agar perdarahannya berhenti. Sang jainin pun dipersiapkan untuk pematangan paru, kalau sewaktu-waktu ibunya terjadi perdarahan ulang. Jika sudah cukup bulannya, baru bayi itu dikeluarkan melalui operasi cesar.

O begitu… seruku …
selanjutnya aku mencari-cari apa sebenernya resiko-resiko yang terjadi pada ibu melahirkan.

Soalnya di hari itu juga, saya bertemu dengan seorang ibu yang pernah keguguran. Dia punya empat anak, anak pertama meninggal karena penyakit demam pada usia 6 tahun, anak ketiga dan keempat meninggal ketika masih dalam perut.

Waduh…
Semoga istriku baik-baik saja
dan ibu itu digantikan sesuatu yang lebih baik. Amiin

1 Response to "Apa yang terjadi pada istriku saat hamil 8 bulan ?"

moga istrinya baek2 aj ya……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

November 2009
S S R K J S M
« Mei    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

babydistro.wordpress.com >> Juga Toko Online

Si kecil, anak kesayangan anda tentu makin besar makin pandai bergaya. Tentu saja anda sebagai orang tua selalu menjadi trend setter pertama baginya. Lalu mengapa tidak difasilitasi ? Babydistro.wordpress.com, menawarkan pilihan bagi kebutuhan ekspresi anak anda dengan bahan kualitas distro. Anda berbelanja sekaligus mengajarkan si kecil ber-infaq, karena dari setiap baju yang dibeli, akan kami sisihkan 2.5% dari harga jual.

Status kaos >> Rp. 50.000,- >> Libur dulu

Produk handsoap & Discwash (NEW!!)

Harga bersaing, kualitas ok, min. order 10 Liter (u/ agen)

Modal 50Rebu Dapat uang saku tiap bulan

INVESTASI MODAL 50 RIBU DAPAT 111 Jt/4Bln~ KLIK DI SINI

Blog Stats

  • 16,639 hits
%d blogger menyukai ini: