Babydistro’s Blog

Strategi 4P untuk melatih kreativitas anak ?

Posted on: November 27, 2009

Ketika menunggu pemeriksaan dokter terhadap istri yang tengah hamil 8 bulan, iseng-iseng aku baca buku rangkuman Nakita bertajuk “Mencetak anak kreatif”. Dijelaskan disitu bahwa ada strategi 4 P yaitu pribadi, pendorong, proses dan produk untuk membentuk kondisi demikian.

Anak membawa kepribadian masing-masing sehingga tidak bisa disamakan satu dengan lainnya, itu hal yang dirinci pada bagian “Pribadi”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa jika anak berbeda jawaban dengan teman-temannya mengenai suatu hal misalnya kegunaan batu bata, mbo… ya dihargai juga, toh itu interpretasi dia terhadap suatu hal. Barangkali suatu saat interpretasinya mengarah pada bakat tertentu.

Dan hal ini memang yang aku jalankan saat ini. Mungkin agak sedikit nyeleneh dari temennya yang lain, ketika anakku menggambarkan kereta api dengan versinya. Ah… jangan-jangan suatu saat memang tipe kereta api seperti itu hehehehe…. Jadi inget tentang kisah para penemu dunia… sering diremehkan namun ternyata apa yang dibayangkan mereka bisa menjadi nyata. So pasti…. I always beside you my baby !!

Beri dukungan dan motivasi!!… begitu kira-kira fungsi kita sebagai “Pendorong”. Caranya ya berikan fasilitas, ga perlu mahal yang penting sesuai tujuan. Justru menghindarkan barang-barang yg serba otomatis agar kreativitasnya terangsang. Gehehehe… ini dia nih, alasan yang cocok buat istriku kalau dia mulai kalah dengan rengekan si kecil untuk dibelikan mainan yang serba mahal. ^_^

Jika kedua hal di atas sudah terpenuhi. Menurut si empunya catatan di majalah itu, adalah “Proses”. Kita dituntut mampu melihat proses bertahapnya dalam mengembangkan kreativitas. Bagiku sih agak sedikit sulit, karena kadang sudah merasa gregetan sendiri, kalau si kecil sudah melakukan ini itu yang menurut ku agak sedikit kurang tepat.

Nah terakhir adalah hasilnya. Anak lambat laun akan menghasilkan “Produk” dari hasil proses yang kontinu. Dan semua itu intinya menghargai.

Wah, pada dasarnya semua perkembangakn memang seperti itu, baik diorganisasi ataupun kreatifitas anak. Cuman memang seringkali kita tidak memandang sesuatu itu sebenarnya hampir sama. Seorang manajer sekalipun kadang tak menyadari bahwa melatih anaknya kreatif, ya ga jauh beda dengan melatih karyawannya kreatif. Atau barangkali sebenarnya dia gagal melatih anaknya di rumah, sehingga dia juga sulit melatih karyawannya…

Ga tau deh… cuman ini penting nih dibaca semua bos kalau mau perusahaannya berhasil gehehehe…

Regards,

Imron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

November 2009
S S R K J S M
« Mei    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

babydistro.wordpress.com >> Juga Toko Online

Si kecil, anak kesayangan anda tentu makin besar makin pandai bergaya. Tentu saja anda sebagai orang tua selalu menjadi trend setter pertama baginya. Lalu mengapa tidak difasilitasi ? Babydistro.wordpress.com, menawarkan pilihan bagi kebutuhan ekspresi anak anda dengan bahan kualitas distro. Anda berbelanja sekaligus mengajarkan si kecil ber-infaq, karena dari setiap baju yang dibeli, akan kami sisihkan 2.5% dari harga jual.

Status kaos >> Rp. 50.000,- >> Libur dulu

Produk handsoap & Discwash (NEW!!)

Harga bersaing, kualitas ok, min. order 10 Liter (u/ agen)

Modal 50Rebu Dapat uang saku tiap bulan

INVESTASI MODAL 50 RIBU DAPAT 111 Jt/4Bln~ KLIK DI SINI

Blog Stats

  • 16,639 hits
%d blogger menyukai ini: